1.2.13

Tips dan Trik Selca ala Ulzzang


Ditahun 2013 ini Hallyu tetap menjadi trend masyarakat, tak luput negara kita tercinta Indonesia. Walaupun sebagian tidak begitu tertarik dengan trend yang satu ini, tetapi masih ada satu bagian lainnya yang menyukai bahkan menjadi fanatisme terhadap Hallyu. Kali ini salah satu Korean culture yang ingin aku bahas adalah ulzzang. Fenomena ulzzang ini telah menjadi wabah bagi sebagian remaja Indonesia baik yang tinggal di kota besar sampe kota kecil (?). ( ̄∇ ̄)

Apa yang terkenal dari sosok Ulzzang? hmmm.. My opinion sih mereka terkenal dengan 'flawles and dolly face' nya yang bikin ngiri! hahaha. Darimana taunya? Udah pasti dari selca-selca mereka donk. Nah, penasaran nggak sih dengan cara mereka doing selca? Makanya aku disini mau berbagi tips dan trik selca ala ulzzang versi Dee. ヽ( ´¬`)ノ

#1 Persiapkan Diri (Wajah, Makeup, Aksesoris, dan Mood)
Apa yang harus dilakukan pertama kali ketika melakukan selca? Yap, sudah pasti kita harus mempersiapkan diri kita. Nggak mau kan kelihatan jelek difoto? Mau diupload loh fotonya, nggak lucu kan tar ada yang komentar 'kok mukanya kucel?' 'Belom mandi ya?' Jangan sampai hal itu terjadi. Balik lagi ke topik pembicaraan, karena selca merupakan teknik foto yang santai jadi kalian nggak perlu dandan berlebihan, apalagi selca ala ulzzang, ulzzang kan terkenal dengan makeup nya yang natural. Inget loh natural bukan berarti kita nggak pake apa-apa tapi bagaimana kita memakai makeup dengan hasil akhir yang natural (ini mengutip kalimat seorang Japanese MUA). Setelah kita selesai dengan riasan wajah mari beralih ke pakaian, pakaian yang kita gunakan akan memberikan kesan aegyo terhadap konsep dan pose selca kita loh, jadi pakailah pakaian yang menonjolkan kepribadian kamu. Selesai pakaian pilihlah aksesoris yang cocok dengan pakaian yang kamu kenakan, dan jangan menggunakan aksesoris berlebihan karena tidak terlihat yeppo ataupun kyeopta sama sekali, malah bikin kamu kayak toko aksesoris berjalan. Yang terakhir dari self-preparation ini adalah cari Mood yang tepat untuk selca. Percaya atau tidak aketika kamu melakukan selca tanpa ada mood yang bagus berapa banyak pun foto yang kamu ambil tidak akan menghasilkan selca yang bagus, karena dari awal pun sudah tidak berniat. Jadi lakukanlah selca ketika mood kamu sedang baik.

#2 Kamera
Kamera adalah hal wajib ketika melakukan selca. Nggak lucu kan udah dandan cantik-cantik tapi kameranya nggak ada? Makanya siapkan kamera kalian sebelum melakukan selca, bagi yang memakai camera handphone jangan lupa handphonenya di cas dulu, begitu juga yang pakai camdig/ slr jangan lupa baterainya dicas dan dipastikan memory card ada pada tempatnya dan tidak full. Jenis kamera yang digunakan juga mempengaruhi hasil dari selca, maka disarankan menggunakan kamera dengan kualitas yang baik. Apabila menggunakan kamera handphone bisa mengatur ukuran size picturenya menjadi large. Hal ini akan sangat membantu dalam proses selca editing.

#3 Lighting (Pengaturan Cahaya)
Lighting merupakan hal yang penting ketika melakukan selca. Untuk menghasilkan wajah yang lebih flawless kita bisa memanfaatkan cahaya, baik cahaya matahari ataupun cahaya lampu. Usahakan jangan melakukan selca diruangan yang minim cahaya karena akan menghasilkan gambar yang gelap seperti ini.
juga jangan melakukan selca diruangan yang minim cahaya dengan menggunakan cahaya lampu flash (terutama kamera handphone), It's a BIG NO!(o・_・)ノ”(ノ_<。) Jika kalian melakukan hal itu yang terjadi adalah muncul wajah-wajah asing yang mungkin tidak bisa kalian kenali.
Selain menghindari ruangan yang minim cahaya, kamu juga harus menghindari ruangan yang over lighting karena akan membuat wajah kalian terlihat berbayang alias setengah putih setengah hitam.
Yang terakhir adalah jangan pernah melakukan selca melawan arah matahari kecuali jika kamu ingin terlihat sebagai siluet-siluet dibawah paparan sinar matahari.
Untuk mendapatkan hasil selca yang memuaskan kita harus mencari tempat dengan kadar cahaya yang pas dan objek berada di depan/samping sumber cahaya, jadi posisi kamera adalah sama dengan posisi sumber cahaya atau sedikit kearah samping. Hal ini akan menciptakan ilusi kulit yang lebih putih. (ノ´ー`)ノ

#4 Angle (Sudut Pengambilan Gambar)
Angle memiliki peranan penting selayaknya lighting, bedanya jika lighting membuat ilusi kulit putih sedangkan angle akan membuat ilusi pembentukan bentuk wajah, dalam korean selca biasanya mereka berusaha menampilkan bentuk wajah V-line dengan hidung yang mancung. Perbedaan sedikit angle saja bisa merubah penampilan wajah seseorang. Pada umumnya para ulzzang senang melakukan selca dengan angle 45 derajat. Perlu diingat kesesuaian angle dipengaruhi bentuk awal wajah kita, walaupun untuk si A angle 45 derajat akan menampilkan sisi terbaik wajahnya belum tentu angle 45 derajat cocok untuk si B.
Bagaimana cara mengetahui angle yang pas untuk wajahmu? jawabannya, berlatih! Sejauh ini aku menemukan dua angle yang pas untuk melakukan selca yang akan aku share dengan teman-teman semua. Pertama, hindari melakukan selca tepat dari arah sejajar depan wajah karna akan membuat hidung kamu semakin terlihat rata.  Daripada melakukan selca sejajar dengan wajah lebih baik jika kalian melakukan selca dari samping sekitar 30-45 derajat dari arah depan wajah, ini akan menciptakan ilusi hidung yang mancung, untuk lebih menonjolkannya kalian juga bisa sedikit memiringkan kepala menghadap arah kamera.
Next, jangan pernah melakukan selca dengan angle kamera dari arah bawah, hasilnya akan membuat wajah terlihat lebar dan gelap, kecuali jika melakukan photoshoot atau momzzang selca, kalian bisa mengambil gambar dari arah bawah untuk menciptakan ilusi tubuh yang tinggi. Bagi yang memiliki tubuh kecil (kurang tinggi) bisa mengambil selca dari atas sedikit samping dengan memfokuskan bagian wajah kemudian sebagian tubuh (wajah lebih dekat kearah kamera) seperti yang sering dilakukan oleh hong young gi. Pada dasarnya korean selca lebih banyak mengambil angle dari atas atau samping untuk menunjukkan bentuk wajah mereka secara sempurna.

#5 Ekspresi and Pose
Ekspresi kita sangat mempengaruhi hasil selca kita. Oleh karena itu kita harus pintar dalam memilih ekspresidan pose seperti apa yang akan kita lakukan. Umumnya para ulzzang melakukan selca dengan ekspresi yang ceria dan innocent. Pose-pose aegyo mereka akan memberikan jiwa terhadap hasil selca yang mereka lakukan.


Semoga tips-tips yang aku tulis bisa membatu teman-teman yang ingin berpose ala ulzzang. Tadinya mau aku tambahin sedikit teknik photo editing tapi karena udah malem disambung besok lagi yaa.. See you fellas!  ヾ(*^▽^*)oヾ(*^▽^*)o

cr: deediarys

TAKE OUT WITH FULL CREDIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar