1.2.13

Ulzzang VS Net Idol (Mengungkap Fakta dibalik kata Ulzzang)

Seperti judul yang tertulis diatas, kali ini aku ingin membedah fenomena ulzzang dan apa itu Net Idol :) Adakah diantara kalian yang bisa bisa mendefinisikan arti kata "Ulzzang??"
Sudah pasti kalian akan berpendapat ulzzang itu bahasa korea yang artinya "best face", oke kalo yang itu aku juga udah tau dari jaman masih SMA kali. Kalau kalian hanya mengetahui ulzzang sebatas itu, berarti kalian sendiri belum mengerti apa sebenarnya arti dari kata ulzzang.

Net Idol adalah kata yang digunakan untuk seseorang yang terkenal diinternet karna blog, social media account, web, photo,etc.

Ulzzang memang merupakan bahasa korea yang sering digunakan oleh masyarakat disana untuk seseorang yang memiliki wajah diatas rata-rata dan populer di internet. Dan inilah syarat sebenarnya jika kamu ingin menjadi ulzzang:

1. Kamu adalah WARGA NEGARA KOREA. Hal ini sudah pasti karna ulzzang adalah korean term, kalo dalam bahasa indonesia sudah pasti namanya bukan ulzzang, tapi mungkin artis internet atau seleb dunia maya.
2. You have POPULAR CYWORLD. Kenapa? karena orang yang disebut sebagai ulzzang memiliki wajah dan popularitas yang diatas rata-rata. Bagaimana kita bisa tau mereka populer? Tentu saja kita mengetahui itu dari Cyworld mereka, karna Cyworld adalah social media yang digunakan oleh masyarakat Korea.
3. Kamu mempunyai wajah diatas rata-rata. Yang satu ini gak perlu dipertanyakan, bagaimana bisa kamu disebut ulzzang jika kamu tidak mempunyai ulzzang (best face)?

Dan bagaimana cara mendapatkan status ulzzang? Maaf sebelumnya untuk site-site yang mengadakan lomba ulzzang, jujur aku sangat mendukung kalian tapi jika berbicara tentang realita, sebenarnya gelar ulzzang yang didapat dari lomba - lomba diinternet tidak dapat dihitung sebagai cara untuk menjadi ulzzang, karena orang korea benar-benar mengadakan kontes ulzzang secara real-life disana. Untuk orang-orang yang terkenal di dunia maya (facebook, etc) lebih cocok disebut sebagai Net Idol. Apakah teman - teman sependapat dengan saya atau tidak itu pilihan teman - teman sendiri :)

Sekarang term ulzzang sendiri sepertinya telah mengalami stereotyped, ulzzang lebih dikenal sebagai orang yang memiliki muka putih tanpa noda, mata besar seperti boneka, hidung kecil dan mancung, bibir yang kecil, serta sering memenangkan lomba-lomba di internet. Kalau ada orang yang memiliki kriteria seperti itu maka dia dapat dikatakan sebagai ulzzang.

Mungkin sekarang kalian telah mengetahui apa itu ulzzang, dan apa itu Net idol. Menurut kalian adakah standar khusus terhadap foto seorang Ulzzang atau Net Idol? Jawabannya TIDAK
Seseorang bebas mempunyai ekspresi apapun dalam berfoto asalkan fotonya disukai oleh banyak orang bisa saja orang itu disebut sebagai Net Idol. Gaya dalam berfoto, kualitas gambar, edit, ataupun masalah overlight tidak berpengaruh sama sekali, kenapa? karna para ulzzang dan net idol juga tidak selalu berfoto dengan kamera mahal dan kualitas foto yang bagus, mereka juga mengedit foto mereka, bahkan sebenarnya gaya foto para ulzzang juga biasa saja, bahkan jujur saja banyak orang indonesia yang berpikiran gaya foto ulzzang itu alay karna pengambilannya dari atas dan sudut 45 derajat, pose v-sign, suka menggembung-gembungkan pipi. Dan kalau kalian merasa apa yang aku bilang ini salah berarti kalian bukan orang indonesia -____- search aja di google bagaimana kriteria alay menurut mereka, kebanyakan adalah pose2 para ulzzang. Tapi kenapa kita berpikiran kalau para ulzzang itu keren dan TIDAK ALAY?? Sudah pasti karna mereka berwajah cantik dan ganteng makanya sealay apapun gaya mereka tetap terlihat keren :)
Kalau begitu semuanya karna faktor wajah donk? kalo menurut aku pribadi emang gitu, hahaha.

Nih aku kasih liat foto - foto ULZZANG yang kalo dikutkan dalam lomba - lomba ulzzang diinternet dianggap tidak memenuhi standar dan kriteria, check this out~
Ulzzang Choi Seo Hee
Choi Seo Hee - overlight

Choi Seo Hee - Overlight & low quality picture

Choi Seo Hee - Low quality picture

Choi Seo Hee - Overlight & low quality picture
Mari kita lihat versi ulzzang namja ----->
Ulzzang Park Jae Hyun
Park Jae Hyun - low quality picture & blur

Park Jae Hyun - blur face & low quality picture

Park Jae Hyun - Low quality picture & blur
OMG, little bit shocked yaa dengan gambar ulzzang - ulzzang diatas?? Itu foto asli loh dari Ulzzang Asia gak ada satupun aku yang edit boleh di cek di web aslinya disini. Gak kebayang gimana bisa mereka jadi ulzzang dengan foto kayak gitu, kalo seo hee mending tapi jae hyun?? swt banget, seriusan kayak alay dia difoto >.< Nah sekarang lanjut dengan foto ulzzang kualitas bagus mereka ---->
Ulzzang Choi Seo hee




Ulzzang Park Jae Hyun



Gilaaaa... beda banget yak, Jae Hyun keren banget di foto yang ini, beda banget ama yang tadi hahahaha


Maksud aku menunjukkan gambar - gambar ini supaya kita tahu walaupun ulzzang cenderung mengambil foto dengan kamera yang menghasilkan gambar dengan kualitas bagus, tetap aja mereka punya foto - foto dengan kualitas gambar yang kayak diatas ==a
Jadi, sebenernya yang mempengaruhi mereka apakah kualitas foto atau wajah mereka? ah aku sendiri masih tidak mengerti. Baik kriteria ulzzang ataupun Net Idol itu sendiri, mungkin lebih baik jika kita terus mengikuti arahnya aja, haha.

source: deediarys
TAKE OUT WITH FULL CREDIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar